
Pemenang Kompetisi Logo HUT Kota Medan ke-435 Diumumkan, Rico Waas Merasa Bangga Pertama Kalinya Digelar Banyak Insan Kreatif Yang Ikut
Setelah melewati berbagai tahapan, akhirnya diperoleh pemenang utama kompetisi desain logo HUT Kota Medan ke- 435 yang diselenggarakan Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan. Dari 124 peserta yang ikut, terpilih 5 nominasi terbaik dan ditetapkan 1 desainer sebagai pemenang utama kompetisi tersebut.
Desainer pemenang utama kompetisi desain logo HUT Kota Medan ke- 435 adalah Muhammad Mirza Azmi. Logo karya Muhammad Mirza selanjutnya menjadi logo resmi dan akan digunakan Pemko Medan dalam rangkaian berbagai kegiatan HUT Kota Medan yang puncaknya akan digelar pada 1 Juli 2025.
Pengumuman pemenang utama kompetisi desain logo HUT Kota Medan ke- 435 yang digelar di Rivapark Delipark Mall ini dihadiri langsung Wali Kota Medan Rico Tri Putra Bayu Waas bersama Wakil Wali Kota Medan H. Zakiyuddin Harahap, Selasa (17/6/25).
Setelah diumumkan, Pemko Medan melaunching logo HUT Kota Medan ke- 435 hasil karya desainer pemenang kompetisi.
Dalam sambutannya Wali Kota Medan Rico Waas mengucapkan selamat kepada seluruh nominasi dan pemenang utama kompetisi desain logo HUT Kota Medan ke- 435. Dirinya merasa bangga karena kompetisi desain logo ini baru pertama kalinya digelar Pemko Medan.
"Ini adalah acara perlombaan pembuatan logo yang pertama kali dibuat untuk ulang tahun Kota Medan. Bangga sekali, karena awalnya saya kira yang ikut hanya 20 orang ternyata ada 124 orang desainer dan insan kreatif yang ikut perlombaan tersebut ", jelas Rico Waas.
Karena merasa bangga, lanjut Rico Waas dirinya meminta kepada panitia untuk mengirimkan semua hasil desainer yang ikut dalam kompetisi desain logo HUT Kota Medan, jangan hanya hasil dari 10 terbaik saja.
"Setelah saya melihat semuanya ternyata karya anak Medan tidak kalah bagusnya dengan karya anak yang ada di pulau Jawa. Seluruhnya hasil karya desainer dari kalangan mahasiswa, pelajar dan masyarakat yang ikut kompetisi ini bagus-bagus. Nominasi 10 besar dan yang utama saya menilai segi penataan logo, warna, super grafiknya dan konsepnya sangat baik", ujar Rico Waas.
Dijelaskan Rico Waas, kompetisi desain logo yang dilaksanakan tersebut merupakan bentuk apresiasi dan semangat Pemko Medan terhadap para pelaku kreatif dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif yang ada di Kota Medan.
"Melalui kegiatan ini sudah saatnya kita memberikan ruang bagi para pegiat kreatif untuk turut serta dalam pembangunan Kota Medan," Sebut Rico Waas.
Rico Waas menambahkan, kompetisi ini bukan menjadi perjalanan akhir, untuk yang belum menjadi pemenang agar terus bersemangat dan tetap berkarya untuk kota Medan. Mari kita apresiasi seluruh insan kreatif di Kota Medan dengan memberikan semangat.
"Meskipun kadang logo itu terlihat sederhana, namun logo itu dikonsep dengan sangat sulit oleh desainer, dan bisa membentuk pikiran dan mindset bagi yang melihatnya,"sebut Rico Waas.
Selanjutnya Rico Waas didampingi H Zakiyuddin Harahap menyerahkan hadiah juara utama sebesar Rp 15 juta kepada Muhammad Mirza Azmi yang terpilih dalam kompetisi Logo Desain HUT ke-435 Kota Medan serta empat finalis lainnya dengan mendapatkan uang pembinaan Rp 1 juta.
Sementara itu pemenang utama kompetisi desain logo, Muhammad Mirza Azmi, mengaku senang dan bahahia karena hasil kerja keras dirinya berbuah manis. Dirinya pun menjelaskan ada tiga pilar dalam logo hasil karyanya.
"Konsep logo yang saya buat ada tiga pilar yakni masyarakat, historikal dan kuliner. Ini tertuang dalam 3 warna yakni biru yang menggambarkan masyarakat kota Medan yang dinamis, aktif dan multikultural serta bermakna Medan Untuk Semua", jelasnya.
Kemudian warna kuning, dijelaskan Muhammad Mirza, diambil dari sisi historisnya Kesultanan Deli, karena kota Medan tidak terlepas dari Kesultanan Deli dan Istana Maimun sebagai ikon kota Medan.
"Warna merah saya ambil dari sisi kulinernya. Karena kita ketahui kuliner di Medan dikenal sangat nikmat. Rasa yang pedas dan berani menjadi karakter masyarakat kota Medan", sebut Mirza warga Medan Denai.
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan
Desainer pemenang utama kompetisi desain logo HUT Kota Medan ke- 435 adalah Muhammad Mirza Azmi. Logo karya Muhammad Mirza selanjutnya menjadi logo resmi dan akan digunakan Pemko Medan dalam rangkaian berbagai kegiatan HUT Kota Medan yang puncaknya akan digelar pada 1 Juli 2025.
Pengumuman pemenang utama kompetisi desain logo HUT Kota Medan ke- 435 yang digelar di Rivapark Delipark Mall ini dihadiri langsung Wali Kota Medan Rico Tri Putra Bayu Waas bersama Wakil Wali Kota Medan H. Zakiyuddin Harahap, Selasa (17/6/25).
Setelah diumumkan, Pemko Medan melaunching logo HUT Kota Medan ke- 435 hasil karya desainer pemenang kompetisi.
Dalam sambutannya Wali Kota Medan Rico Waas mengucapkan selamat kepada seluruh nominasi dan pemenang utama kompetisi desain logo HUT Kota Medan ke- 435. Dirinya merasa bangga karena kompetisi desain logo ini baru pertama kalinya digelar Pemko Medan.
"Ini adalah acara perlombaan pembuatan logo yang pertama kali dibuat untuk ulang tahun Kota Medan. Bangga sekali, karena awalnya saya kira yang ikut hanya 20 orang ternyata ada 124 orang desainer dan insan kreatif yang ikut perlombaan tersebut ", jelas Rico Waas.
Karena merasa bangga, lanjut Rico Waas dirinya meminta kepada panitia untuk mengirimkan semua hasil desainer yang ikut dalam kompetisi desain logo HUT Kota Medan, jangan hanya hasil dari 10 terbaik saja.
"Setelah saya melihat semuanya ternyata karya anak Medan tidak kalah bagusnya dengan karya anak yang ada di pulau Jawa. Seluruhnya hasil karya desainer dari kalangan mahasiswa, pelajar dan masyarakat yang ikut kompetisi ini bagus-bagus. Nominasi 10 besar dan yang utama saya menilai segi penataan logo, warna, super grafiknya dan konsepnya sangat baik", ujar Rico Waas.
Dijelaskan Rico Waas, kompetisi desain logo yang dilaksanakan tersebut merupakan bentuk apresiasi dan semangat Pemko Medan terhadap para pelaku kreatif dalam mendorong pertumbuhan industri kreatif yang ada di Kota Medan.
"Melalui kegiatan ini sudah saatnya kita memberikan ruang bagi para pegiat kreatif untuk turut serta dalam pembangunan Kota Medan," Sebut Rico Waas.
Rico Waas menambahkan, kompetisi ini bukan menjadi perjalanan akhir, untuk yang belum menjadi pemenang agar terus bersemangat dan tetap berkarya untuk kota Medan. Mari kita apresiasi seluruh insan kreatif di Kota Medan dengan memberikan semangat.
"Meskipun kadang logo itu terlihat sederhana, namun logo itu dikonsep dengan sangat sulit oleh desainer, dan bisa membentuk pikiran dan mindset bagi yang melihatnya,"sebut Rico Waas.
Selanjutnya Rico Waas didampingi H Zakiyuddin Harahap menyerahkan hadiah juara utama sebesar Rp 15 juta kepada Muhammad Mirza Azmi yang terpilih dalam kompetisi Logo Desain HUT ke-435 Kota Medan serta empat finalis lainnya dengan mendapatkan uang pembinaan Rp 1 juta.
Sementara itu pemenang utama kompetisi desain logo, Muhammad Mirza Azmi, mengaku senang dan bahahia karena hasil kerja keras dirinya berbuah manis. Dirinya pun menjelaskan ada tiga pilar dalam logo hasil karyanya.
"Konsep logo yang saya buat ada tiga pilar yakni masyarakat, historikal dan kuliner. Ini tertuang dalam 3 warna yakni biru yang menggambarkan masyarakat kota Medan yang dinamis, aktif dan multikultural serta bermakna Medan Untuk Semua", jelasnya.
Kemudian warna kuning, dijelaskan Muhammad Mirza, diambil dari sisi historisnya Kesultanan Deli, karena kota Medan tidak terlepas dari Kesultanan Deli dan Istana Maimun sebagai ikon kota Medan.
"Warna merah saya ambil dari sisi kulinernya. Karena kita ketahui kuliner di Medan dikenal sangat nikmat. Rasa yang pedas dan berani menjadi karakter masyarakat kota Medan", sebut Mirza warga Medan Denai.
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan