BERITA :


Ada Kawanan Rusa Totol Asal Istana Kepresidenan Bogor di Taman Cadika

Ada Kawanan Rusa Totol Asal Istana Kepresidenan Bogor di Taman Cadika

Sebanyak 15 ekor rusa totol jinak jenis axis-axis dari Istana Kepresidenan Bogor menambah koleksi satwa unik di Taman Cadika Medan. 
 
Pelepasan rusa totol di Taman Cadika yang baru selesai direvitalisasi Pemko Medan ini dilakukan oleh Pj Sekda Topan Obaja Putra Ginting, Rabu (9/10/2024) pagi. Kawanan rusa yang dilepas ini terdiri atas 3 ekor jantan dan 12 ekor betina. 
 
Turut hadir dalam kegiatan itu pihak Istana Kepresidenan Bogor, Abdul Gani Hamumuroafa, Kadispora T. Chairuniza. 
 
Pj Sekda mengatakan rusa-rusa menambah koleksi satwa di Taman Cadika.
 
""Kawanan rusa ini juga diharapkan salah satu daya tarik Taman Cadika," ungkap Topan. 
 
Memandangi kawanan rusa totol jenis axis-axis yang berkeliaran bebas di halaman rumput Istana Kepresidenan Bogor dapat menjadi sebuah hiburan murah meriah bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya. Bayangkan bila kita dapat berinteraksi lebih dekat dengan menyentuh dan memberi makan rusa-rusa cantik itu. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi masyarakat, khususnya bagi para pengunjung Istana Kepresidenan Bogor.
 
Rusa-rusa totol ini punya sejarah cukup panjang. Hewan ini pertama kali di bawa oleh Gubernur VOC, Sir Thomas Stamford Raffles dari daerah perbatasan India dan Nepal pada tahun 1814. Kini, hewan ini sudah lebih dari 200 tahun menghuni dan berkembang biak di area padang rumput halaman Istana Bogor. Hingga kini, koleksi rusa-rusa totol Istana Kepresidenan Bogor sudah berjumlah lebih dari 800 ekor. 
 
Selain rusa totol, Taman Cadika juga memiliki koleksi satwa unik yang jadi daya tarik bagi pengunjung, yakni kelinci dan kura-kura Sulcata.
 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan