BERITA :


Buka FKUB Expo 2024, Plt Wali Kota Medan: Event yang Menunjukkan Kerukunan dan Keharmonisan Antar Umat Beragama

Buka FKUB Expo 2024, Plt Wali Kota Medan: Event yang Menunjukkan Kerukunan dan Keharmonisan Antar Umat Beragama


Plt Wali Kota Medan Aulia Rachman secara resmi membuka Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) EXPO 2024 yang digelar di halaman Yuki Simpang Raya, Jalan Sisingamangaraja, Jumat (18/10/2024). Event yang digelar FKUB Kota Medan ini diisi dengan berbagai kegiatan lintas agama mulai  dari Talskhow, Perlombaan Debat Kerukunan,  Bazar UMKM dan Fun Walk.

Dalam pembukaan FKUB EXPO 2024 yang dihadiri Kakankemenag Kota Medan, Impun Siregar, Ketua MUI Kota Medan, Hasan Matsum, Ketua FKUB Sumut, Mohammad Hatta, Ketua FKUB Medan Muhammad Yasir Tanjung, Ketua organisasi lintas Agama dan perwakilan unsur Forkopimda kota Medan serta pemuka lintas agama, Plt Wali Kota Medan menyambut baik kegiatan yang digelar FKUB Kota Medan. 

"FKUB EXPO 2024 ini menunjukkan kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama di Kota Medan. Untuk itu Pemko Medan mengucapkan terima kasih kepada FKUB Kota Medan yang telah menggelar kegiatan ini", kata Plt Wali Kota Medan.

Aulia Rachman pun berpesan kepada seluruh  masyarakat kota Medan agar terus menjaga kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama. Sebab hal ini sangat penting untuk kemajuan suatu kota.

"Kalau Kota kita mau maju, kita harus menjaga kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama. Perbedaan agama yang ada di kota Medan menjadikan sebuah kerukunan di tengah masyarakat ", kata Aulia Rachman.

Menurut Aulia Rachman, saat ini kita masuk dalam kontestasi Pilkada serentak tentunya dimasa ini selalu dihadapi dengan isu sara dan agama. Oleh karena itu melalui event ini mari kita jaga kekondusifan kota Medan agar pelaksanaan Pilkada serentak berjalan dengan lancar dan aman.

"Kita jaga kondusifitas kota Medan dalam Pilkada serentak. Jangan mau kira terbawa dalam hal- hal yang akan menjerumuskan diri sendiri", ujar Aulia Rachman.

Ditambahkan Aulia Rachman, FKUB adalah Garda terdepan dalam mengatasi permasalahan atau konflik agama di tengah masyarakat. Ada beberapa konflik Alhamdulillah sudah kita selesaikan dengan FKUB turun langsung.

"Terima kasih jajaran FKUB Kota Medan yang telah membantu meringankan kerja Pemko Medan. Apa yang kita lakukan ini adalah tanggung jawab kita dalam menjaga kota Medan", ucap Aulia Rachman.

Sebelumnya Ketua FKUB Kota Medan Muhammad Yasir Tanjung mengatakan FKUB EXPO 2024 yang berlangsung selama tiga hari sampai tanggal 20 Oktober 2024 merupakan kegiatan yang pertama kali digelar di Kota Medan. 

"Melalui kegiatan ini kita ingin menunjukkan kota Medan adalah kota multikultural dengan beragam etnis dan suku agama yang ada dapat selalu menjaga keharmonisan dan kerukunan satu dengan yang lainnya", kata Muhammad Yasir Tanjung.

Dijelaskan Yasir Tanjung, dalam FKUB EXPO 2024 ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari Bazar Kuliner dan Non Kuliner yang diikuti sebanyak 53 stand, Talskhow yang menghadirkan narasumber para ketua majelis- majelis agama, Debat kerukunan dan berbagai perlombaan serta Fun Walk.





Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan