
Dari Sertifikat Halal Hingga KTP Sehari Jadi: MPP Roadshow Hadirkan Pelayanan Jemput Bola
Mal Pelayanan Publik (MPP) Roadshow yang digagas Wali Kota Medan, Rico Tri Putra Bayu Waas terus berlanjut sejak di luncurkan pada Bulan Mei kemarin. Kali ini MPP Roadshow yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berada di Kecamatan Medan Deli, Rabu (23/7/25).
Antusias warga sudah terlihat sejak pagi dibukanya MPP Roadshow, mereka berbondong-bondong datang ke Kantor Camat Medan Deli untuk mendapatkan pelayanan publik. Meskipun ramai namun warga tetap tertib, hal ini dikarenakan DPMPTSP membuka tiga meja front office/ pelayanan awal, sehingga antrian dipisahkan antara warga umum dan kelompok rentan.
Kepala Dinas PMPTSP Nurbaiti Harahap, saat ditemui di lokasi menyampaikan pada MPP Roadshow yang ketiga di Kecamatan Medan Deli, pihaknya mengubah sistem antrian yang lebih baik dengan memisahkan pelayanan untuk warga umum dan kelompok rentan.
"Ada tiga front office yang tersedia, mulai dari untuk kelompok lansia, ibu hamil dan yang membawa balita serta disabilitas sudah dipisahkan pendaftarannya", kata Kadis PMPTSP.
Menurut Nurbaiti dengan perubahan yang dilakukan antrian warga menjadi lebih tertib dan pelayanan juga semakin cepat. MPP Roadshow di Medan Deli ini berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 23 sampai 24 Juli 2025. "Alhamdulillah sekarang antrian lebih tertib dan lebih cepat", ucapnya.
Dijelaskan Nurbaiti, di MPP Roadshow kali ini ada penambahan pelayanan publik yakni layanan BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal). Layanan ini mencakup pengaturan, pengawasan, dan penerbitan sertifikat halal untuk produk. Selain itu juga seperti sebelumnya ada juga Job Fair yang diikuti perusahaan ternama seperti Indomaret dan Alfamart.
"Ada yang spesial disini, ada penambahan layanan BPJPH. Jadi pelaku UMKM bisa mengurus izin halalnya disini. Sebab ada ketentuan pemerintah di tahun 2026 produk UMKM wajib halal semuanya", jelas Nurbaiti.
Diakui Nurbaiti, hari ini diubah juga metode pelayanan pendaftaran, untuk layanan KTP hilang dan KTP rusak, berkasnya dapat diterima di meja front office dan langsung di proses. Sehingga warga tidak perlu antri lagi di pelayanan Disdukcapil.
"Karena proses KTP hilang dan rusak terbitnya satu hari jadi Kita bantu warga yang mengurusnya cukup di meja front office, jadi mereka dapat kembali lagi pukul 15:00 Wib sebelum MPP Roadshow tutup", ujarnya sembari menambahkan untuk perubahan KK, Akte Kelahiran tetap ke layanan Disdukcapil.
Ditambahkan Nurbaiti, di hari ini MPP Roadshow melayani 517 warga dengan kunjungan ke berbagai layanan instansi. Dari 13 layanan instansi yang ada, paling banyak ke layanan Disdukcapil yakni 344 orang, layanan Dinas Ketenagakerjaan 95 orang, BPJS Kesehatan 26 orang dan Dinas Sosial 24 orang.
"Selanjutnya DPMPTSP 8 orang, Kanwil DJP Sumut I 6 orang, Bank Sumut 2 orang, BPJS Ketenagakerjaan 8 orang dan LP3H 2 orang, Bapenda 1 orang serta Dinas P3APMPKB 1 orang", ungkap Nurbaiti.
Adanya MPP Roadshow di Kecamatan Medan Deli disambut baik oleh warga. Selain bermanfaat warga juga menilai program Wali Kota Medan Rico Waas ini mempermudah warga untuk mendapatkan akses layanan publik. Seperti disampaikan Desi Novita Sari, Warga Titi Papan, Medan Deli mengaku MPP Roadshow ini sangat membantu warga untuk mengurus Adminduk.
"MPP Roadshow ini sangat membantu. karena kami tidak perlu lagi ke MPP, cukup kesini dekat dengan rumah. Apalagi warga yang membawa anak kecil bisa juga ke sini untuk mendapatkan pelayanan", kata Desi.
Menurutnya MPP Roadshow ini juga mempermudah warga, karena selain dekat layanan yang ada juga banyak. Seperti hari ini dirinya mengurus KTP rusak dan akte kelahiran, pelayanan yang diterimanya sangat baik, petugasnya juga sopan dan membantu
"Pelayanannya sangat memuaskan, petugas membantu kami dengan baik", ujar Desi seraya menambahkan mengetahui informasi MPP Roadshow dari sosial media.
Hal senada juga disampaikan Rosi Chandra, warga Medan Deli yang datang ke MPP Roadshow untuk mengurus Adminduk. Menurutnya program ini bagus dan membantu serta mempermudah warga untuk mendapatkan pelayanan publik.
"Saya rasa bagus, karena membantu dan mempermudah masyarakat. Saya berharap program ini dapat rutin terus dilakukan meskipun berpindah-pindah ", ucap Rosi Chandra.
Sumber: Dinas Kominfo Kota Medan