BERITA :


Di Bawah Kepemimpinan Bobby Nasution Perbaikan Jalan Lebih Baik & Terlihat Hasilnya

Di Bawah Kepemimpinan Bobby Nasution Perbaikan Jalan Lebih Baik & Terlihat Hasilnya

Penanganan infrastruktur, terutama perbaikan jalan rusak menjadi fokus perhatian Bobby Nasution setelah dilantik menjadi Wali Kota Medan. Selain salah satu sarana transportasi yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat, ibukota Provinsi Sumatera Utara ini sempat dijuluki “Kota Sejuta Lubang” akibat banyaknya jalan rusak yang ditemui. Oleh karenanya selama masa kepemimpinannya, menantu Presiden Joko Widodo ini bertekad menjadikan Medan Tanpa Lubang.

 

Guna mewujudkan keinginan Bobby Nasution tersebut, Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan terus masif memperbaiki jalan rusak. Berdasarkan data yang berhasil dirangkum dari Dinas SDABMBK, sepanjang 37.416,50 meter jalan telah direhabilitasi (diperbaiki) di 16 kecamatan di Kota Medan sejak Januari hingga Mei 2023.

 

Kadis SDABMBK Kota Medan Topan Ginting mengatakan, perbaikan jalan akan terus dilakukan guna mewujudkan Medan Tanpa Lubang tersebut. Selain mendukung kelancaran transportasi, perbaikan jalan yang dilakukan juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan serta meningkatkan perekonomian.

 

Tidak hanya rehabilitasi jalan, perbaikan jalan yang dilakukan juga diikuti dengan melakukan rekonstruksi jalan yakni perubahan jalan aspal menjadi beton. Selain lebih kuat dan tahan lama, jalan yang dibeton juga mampu menahan beban kendaraan yang berat. Di samping rehabilitasi dan konstruksi jalan, Dinas SDABMBK juga  melakukan pelebaran jalan dengan menambah jalur di sejumlah ruas jalan.

 

Bahkan, Bobby Nasution juga memperbaiki tiga ruas jalan berstatus provinsi sepanjang 6,9 kilometer yang berada di wilayah Kota Medan setelah Gubernur Sumut menerbitkan Surat No.600.1.7/1834/2023 tentang Berita Acara Pendelegasian Kewenangan Penanganan Pemeliharaan Rutin dan Berkala di Ruas Jalan Provinsi di Kota Medan.

 

Ada pun ketiga ruas jalan itu yakni Jalan Setia Budi, tepatnya Simpang Selayang, Jalan TB Simatupang dan Jalan Marelan Raya yang kondisinya rusak sehingga kerap dikeluhkan masyarakat. Dari ketiga ruas jalan tersebut, perbaikan Jalan Setia Budi dengan panjang 2,5 Km serta ketebalan 10 cm dan Jalan Marelan Raya dengan Panjang 2,7 Km dan ketebalan 10 cm telah rampung 100 persen. Sedangkan perbaikan Jalan TB Simatupang pengerjaannya telah mencapai 60 persen.

 

Komitmen Bobby Nasution untuk mewujudkan Medan Tanpa Lubang disambut positif akademisi Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) Universitas Medan Area (UMA) Khairullah SI Kom MIKom sekaligus pengamat kebijakan publik. Khairullah menilai, masifnya perbaikan jalan yang dilakukan saat ini cukup baik.

 

“Persoalan infrastruktur, terutama menyangkut aspek jalanan sangat dibutuhkan perbaikan. Hal itu penting dilakukan agar proses berjalannya ekonomi di Kota Medan tidak terhambat. Saya melihat perbaikan jalan yang dilakukan Pemko Medan di bawah kepemimpinan Bang Bobby Nasution cukup baik dan terlihat hasilnya,” kata Khairullah saat dihubungi kemarin.

 

Dikatakan Khairullah, sudah banyak ruas jalan rusak yang telah diperbaiki baik dengan pengaspalan maupun pembetonan. “Tentunya (perbaikan jalan) ini sangat membantu kelancaran moda transportasi dan perekonomian dengan baik. Mengingat bahwa Medan merupakan pusat industri, banyak barang mentah dari luar kota dan diproduksi disini,” ungkapnya.

 

Khairullah juga sangat mengapresiasi kebijakan Bobby Nasution yang memperbaiki tiga ruas jalan berstatus provinsi tersebut. Hal itu, bilangnya, menunjukkan komitmen suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini guna mewujudkan Medan Tanpa Lubang karena ketiga ruas jalan itu masuk wilayah Kota Medan. 

 

Selanjutnya, Khairullah berharap agar perbaikan jalan yang dilakukan harus konsisten karena (jalan) itu menyangkut hidup orang banyak. Tidak hanya saat pengerjaan, katanya, tetapi juga setelah jalan selesai diperbaiki harus selalu diperhatikan demi kenyamanan masyarakat ke depannya.

 

Sebelum menuntaskan pendapatnya, Khairullah menilai, Kota Medan di bawah kepemimpinan Bobby Nasution telah banyak mengalami peningkatan. “Kinerja Bang Bobby Nasution banyak memiliki dampak baik bagi Kota Medan. Terlebih, ia juga banyak memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkolaborasi membangun Kota Medan,” pungkasnya.




Sumber : Prokopim Pemko Medan