BERITA :


Dukung OMATIQ, Pemko Medan Berharap Bisa Lahirkan Generasi Berkualitas

Dukung OMATIQ, Pemko Medan Berharap Bisa Lahirkan Generasi Berkualitas

Pemko Medan mendukung penuh diselenggarakannya Olimpiade Matematika dan Al Quran (OMATIQ) yang digelar Yatim Mandiri Cabang Sumut. Diharapkan OMATIQ untuk kategori sekolah dasar (SD) dapat melahirkan generasi berkualitas di bidang matematika dan Al Quran.
 
"Dukungan penuh diberikan Pemko Medan untuk OMATIQ. Kami berharap kegiatan ini bisa melahirkan generasi berkualitas di bidang Matematika dan Al-Qur'an", Hal ini disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Benny Sinomba Siregar diwakili Kasi Pendidikan, Nirwan Lubis saat membuka OMATIQ yang berlangsung di ruang rapat III Kantor Wali Kota Medan, Minggu (20/10/2024).
 
Dijelaskan Nirwan, OMATIQ tentunya menjadi ajang bagi para siswa SD untuk mengasah kemampuan di bidang matematika dan Al Quran. Selain itu juga dapat membentuk karakter dan kepercayaan diri para siswa untuk dapat mengikuti perlombaan atau olimpiade seperti ini.
 
"Kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Yatim Mandiri yang telah menyelenggarakan acara OMATIQ. Tentunya kami bangga apa yang dilakukan Yayasan Yatim Mandiri dalam membantu anak-anak kita khususnya anak yatim dan dhuafa", ujarnya.
 
Kepada anak-anak yang ikut lomba, Nirwan mengucapkan selamat berlomba semoga lomba ini dapat menjadi modal bagi anak-anak dalam mengembangkan diri dan menggali potensi yang ada di dalam diri. "Tetap semangat belajar sehingga nantinya akan terus dapat mengikuti OMATIQ baik ditingkat kota maupun tingkat Nasional", sebutnya.
 
Sebelumnya Pimpinan Yatim Mandiri Cabang Sumut, Muhammad Al Zufri menjelaskan bahwa OMATIQ ini rutin digelar setiap tahunnya, ini tahun keduabelas Yatim Mandiri menggelar dengan pesertanya anak binaan.
 
"Syukur Alhamdulillah tahun ini kita didukung penuh oleh Pemko Medan dengan memberikan fasilitas tempat untuk penyelenggaraan OMATIQ. Pemko Medan juga memberikan dukungannya melalui Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Perpustakaan bagi anak-anak yatim dari Yatim Mandiri ", katanya.
 
Menurut Muhammad Al Zufri, OMATIQ tahun ini untuk penyisihan wilayah Kota Medan diikuti 50 peserta dari perwakilan 7 Kecamatan di Kota Medan. Nantinya Insyaallah Juara OMATIQ ini akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti OMATIQ tingkat Nasional.
 
"OMATIQ ini digelar untuk membangun jiwa sportifitas di bidang pendidikan mereka dan meningkatkan kualitas sosial bagi anak-anak Yatim yang selama ini memiliki nilai yang tertinggal dari segi ekonomi dan sosial. Sehingga melalui OMATIQ ini kita coba bangkitkan semangat mereka bahwasanya meskipun mereka anak yatim dan dhuafa mereka juga dapat berprestasi", jelas Al Zufri sembari menambahkan peserta dari Kota Medan pernah meraih juara Runner-up I di tahun 2021 tingkat Nasional.
 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan