BERITA :


Estetika Kota Kian Bertambah, Bobby Nasution Berhasil Bangun dan Rehabilitasi 31 Jembatan

Estetika Kota Kian Bertambah, Bobby Nasution Berhasil Bangun dan Rehabilitasi 31 Jembatan

Dimasa kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution, berbagai pembangunan infrastruktur fisik telah dilakukan khususnya infrastruktur jembatan yang keberadaannya sangat vital bagi masyarakat. Tidak hanya membangun jembatan, Bobby Nasution juga telah berhasil melakukan rehabilitasi dan pelebaran sejumlah jembatan yang ada di kota Medan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan, tercatat sebanyak 31 jembatan telah berhasil dibangun dan direhabilitasi serta dilebarkan di tahun 2022 dan tahun 2023. Seluruh jembatan ini semakin menambah keindahan dan keestetikaan kota.

Ph Kadis SDABMBK Kota Medan, Ir Gibson Panjaitan ketika dikonfirmasi, Senin (26/8/24) menjelaskan bahwa dari 31 jembatan tersebut, 6 jembatan yang telah selesai dibangun diantaranya adalah jembatan titi dua Sicanang di Kelurahan Belawan I. Padahal sebelumnya jembatan yang menghubungkan dua kelurahan yakni Belawan I Sicanang dan Belawan Bahari itu sempat mengalami 4 kali gagal bangun. Namun dimasa Bobby Nasution jembatan ini berhasil dibangun.

"Kemudian 5 jembatan lainnya yang berhasil dibangun adalah jembatan Islamic Center (Kecamatan Medan Labuhan), jembatan Mangaan VIII (Kecamatan Medan Deli), jembatan Abdullah Lubis (Kecamatan Medan Baru) dan jembatan H.M Yamin (Kecamatan Medan Perjuangan) serta jembatan Sei Muara (Kecamatan Medan Baru)", jelasnya.

Menurut Gibson, rehabilitasi jembatan juga telah berhasil dilakukan sebagai penataan kota dan menambah keestetikaan kota. Tercatat sebanyak 23 jembatan telah selesai di rehabilitasi, seperti jembatan di jalan Raden Saleh tepatnya di depan kantor Wali Kota Medan,  jembatan di jalan Monginsidi, jembatan di jalan Gatot Subroto, jembatan di jalan Bromo, jembatan di jalan Murni dan jembatan di jalan Avros serta jembatan di jalan Abadi dan jembatan di jalan Perjuangan.

 "Kini jembatan Raden Saleh didepan Kantor Wali Kota Medan ramah bagi pejalan kaki karena memiliki jalur khusus untuk pejalan kaki yang dilengkapi dengan tembok pembatas berkelir putih", ujar Gibson.

Ditambahkan Gibson, di masa kepemimpinan Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution tidak hanya jembatan di tengah kota saja yang direhabilitasi Dinas SDABMBK, tetapi jembatan yang ada di berbagai  Kecamatan juga dilakukan rehabilitasi. Seperti jembatan yang terletak  di Jalan Pabrik Tenun, jalan Punak dan jalan Gajah Mada (Kecamatan Medan Petisah). 

Kemudian jembatan di jalan Sempurna (Kecamatan Medan Denai), jembatan di jalan Platina Raya (Kecamatan Medan Deli) dan jembatan di jalan Arifin (Kecamatan Medan Kota) serta jembatan di jalan Sei Mencirim (Kecamatan Medan Baru). 

"Rehabilitasi jembatan juga telah selesai   di Jalan Sei Batang Hari, jalan Gatot Subroto dan Jalan Mayjend Djarot Supadmo serta di jalan Setia Budi (Kecamatan Medan Sunggal). Jembatan berikutnya yang telah selesai diperbaiki terletak di jalan Mesjid Taufik dan jalan Permai (Kecamatan Medan Perjuangan), jembatan di jalan Kemang Raya (Kecamatan Medan Selayang dan jembatan di jalan Nawi Harahap (Kecamatan Medan Amplas)", sebutnya.

Gibson juga menjelaskan, tidak hanya membangun dan merehabilitasi jembatan, selama kepemimpinannya Bobby Nasution juga telah melakukan pelebaran jembatan yang ada di Kota Medan. "Terdapat dua jembatan yang dilebarkan Dinas SDABMBK yakni jembatan yang terletak di jalan H Adam Malik (Kecamatan Medan Barat) dan jembatan di jalan Bilal (Kecamatan Medan Tembung)", pungkasnya.

Dengan selesainya pembangunan, rehabilitasi dan pelebaran jembatan ini, Ph Kadis SDABMBK berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat seluruh jembatan agar penataan kota Medan semakin baik dan estetika kota juga tetap terjaga.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan