BERITA :


Jaminan Keselamatan Kerja, Pemko Medan Bagikan 376 Kartu BPJS Ketenagakerjaan Untuk Nelayan

Jaminan Keselamatan Kerja, Pemko Medan Bagikan 376 Kartu BPJS Ketenagakerjaan Untuk Nelayan

Sebanyak 376 nelayan yang ada di Kecamatan Medan Belawan menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan program Pemko Medan untuk melindungi dan menjamin para nelayan saat bekerja. Penyerahan ini merupakan lanjutan dari 1.000 kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dibagikan Pemko Medan di tahun 2024.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan ini dibagikan Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3), Jumat (20/9/24) kepada nelayan di kelurahan di Kecamatan Medan Belawan diantaranya di Kelurahan Belawan Bahagia sebanyak 76 orang dan di Kelurahan Belawan I sebanyak 300 orang.

Sebelum dibagikan, para nelayan mendapatkan sosialisasi terkait Manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari Perwakilan DKP3 Medan dan perwakilan Kantor BPJS Ketenagakerjaan kota Medan. Mereka juga mendapatkan informasi bahwa selama satu tahun iuran BPJS Ketenagakerjaan akan ditanggung Pemko Medan sesuai dengan Program Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Para nelayan tampak begitu antusias mendengarkan penjelasan terkait Kartu BPJS Ketenagakerjaan baik itu program didalamnya maupun manfaat yang akan didapat jika menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Zakaria, salah seorang nelayan yang mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan mengaku sangat senang adanya program dari Pemko Medan untuk nelayan. Karena kami ketika melaut sangat rentan dengan segala resiko pekerjaan.

"Dengan adanya program ini kami sangat terbantu karena dapat menjamin keselamatan baik kami maupun keluarga. Untu itu kami berterima kasih kepada Pemko Medan semoga program ini terus berlanjut", jelasnya.

Ditambahkan Zakaria, penjelasan yang disampaikan terkait BPJS Ketenagakerjaan juga sudah jelas bahkan tadi diketahui jika kami sakit tinggal membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan sudah dapat berobat serta pembayaran iuran selanjutnya setelah gratis setahun yang dibayarkan Pemko Medan nantinya juga mudah.

"Program ini juga akan mendapatkan beasiswa untuk dua anak ahli waris nelayan yang telah meninggal dunia. Mulai dari SD sampai di perguruan tinggi nantinya biaya pendidikan akan tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan", ujar Zakaria sembari berharap tahun depan Kouta penerima Kartu BPJS ketenagakerjaan akan semakin bertambah agar seluruh nelayan mendapatkan perlindungan sosial.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan