BERITA :


Pemko Medan Ikuti Sosialisasi Seleksi Berjenjang Daerah Pada Anugerah ASN 2023

Pemko Medan Ikuti Sosialisasi Seleksi Berjenjang Daerah Pada Anugerah ASN 2023

Pemko Medan mengikuti sosialisasi seleksi berjenjang daerah pada Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2023, yang digelar Kemenpan-RB secara virtual, Kamis, (2/11/2023).
 
Sosialisasi ini diikuti Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman dari ruangan Command Center, Balai Kota. Turut mendampingi Sekda, Sekretaris BKD, Adrian Saleh dan Kabag Ortala, A. Muhzi.
 
Dalam sosialisasi yang disampaikan Asisten Deputi Penguatan Budaya kerja SDM aparatur Kemenpan-RB, Damayani Tyastiani, dijelaskannya anugerah ASN bertujuan untuk menjaring dan memberikan apresiasi kepada setiap ASN berprestasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
 
Menurutnya penghargaan ini diberikan terhadap sosok yang mampu memotivasi dan memberikan kontribusi positif dalam budaya kerja pemerintah sehingga dapat meningkatkan iklim yang kompetitif dan profesional untuk senantiasa memberikan pelayanan publik yang optimal.
 
"Tujuan pelaksanaan anugerah ASN adalah menumbuhkan motivasi dan inspirasi di jajaran ASN untuk terus meningkatkan kualifikasi kompetensi dan kinerja serta menjadi teladan bagi ASN lainnya membangun persepsi positif masyarakat terhadap keberadaan ASN sebagai pelaksana kebijakan publik pelayanan publik serta perekat NKRI dan pemersatu bangsa," jelasnya.
 
Selain itu, lanjut Damayani, tujuan pelaksanaan anugerah ASN ini guna
mendapatkan basis data talenta PNS terbaik yang kapebel dan akseptabel sebagai raw input bagi alternatif talent pool dan mempertahankan retaining PNSD bertalenta terbaik. "Mendapatkan dan memberikan apresiasi kepada ASN terbaik yang kontribusinya dirasakan secara nyata oleh organisasi maupun masyarakat," jelasnya.
 
Damayani menambahkan, bagi ASN yang mendapatkan anugerah akan memperoleh piala adhigana dan sertifikat, kenaikan pangkat luar biasa uang dari sponsor (bukan dianggarkan di APBN)dan gala dinner dengan Presiden.
 
"Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 6 November sampai 6 Desember. kandidat diusulkan oleh kabupaten kota atau instansi pusat dari masing-masing jenjang instansi daerah dan jenjang instansi Pusat. 7 sampai 15 Desember seleksi jenjang daerah dan jenjang instansi Pusat 19 Desember publikasi finalis road to seleksi nasional anugerah ASN.
 
"April - mei 2024 pelaksanaan seleksi jenjang nasional manajerial, bulan Juni pelaksanaan seleksi jenjang nasional non manajerial dan bulan Juli pemberian penghargaan pemenang Anugerah ASN," ujarnya.
 
Adapun kategori pada Anugerah ASN 2023 adalah JPT Madya Terbaik, JPT Pratama, Terbaik Jabatan Administrator Terbaik Jabatan pengawas terbaik, best employee, dosen terbaik, guru terbaik guru inklusi terbaik, dokter terbaik, perawat terbaik dan bidan terbaik.
 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan