BERITA :


Semarakkan Kolaborasi Budaya di Kesawan, Siswa SMP Perform Tarian Melayu

Semarakkan Kolaborasi Budaya di Kesawan, Siswa SMP Perform Tarian Melayu

Sejumlah siswa SMP Kota Medan menunjukkan kebolehannya di bidang seni tari dalam event Kolaborasi Budaya yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan di Kesawan, Sabtu (5/10/24) malam. Perform para pelajar ini menyemarakkan kegiatan Kolaborasi Budaya yang rutin digelar setiap akhir pekan.

Pada malam ini, Kolaborasi Budaya yang mengangkat tema Suku Melayu  Culture Night (Malam Budaya Melayu Etnis) tidak hanya diisi dengan tarian tetapi juga penampilan bernyanyi dan persembahan special dari ekskul Paskibra.

Perhelatan Kolaborasi Kebudayaan yang sudah memasuki pekan ke-14 ini dimulai pukul 19:00 Wib sampai dengan pukul 22:00 WIB. Terlihat masyarakat begitu antusias menyaksikan seluruh penampilan pada kegiatan tersebut.

Acara diawali dengan penampilan tari persembahan yang dibawakan Sanggar Tari Bahtera yang merupakan binaan UPT SMPN 5 Medan. Kemudian malam Kolaborasi Kebudayaan diisi dengan penampilan bernyanyi oleh para siswa berkolaborasi dengan guru membawakan lagu berjudul Pulut Roham, Cindai, Zapin Melayu dan Sai Horas Maho serta Gerimis Mengundang.

Selanjutnya kegiatan yang membuat masyarakat terhibur ini menampilkan persembahan special Dari Ekskul Sanggar Tari BAHTERA berkolaborasi dengan Guru dan persembahan special ekskul Paskibra yaitu penampilan Tari Komando. Bahkan ada juga penampilan Melayu 3 Serangkai yang dibawakan siswa dan guru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Benny Sinomba ketika dikonfirmasi mengatakan kegiatan Kolaborasi Budaya ini rutin digelar setiap akhir pekan untuk menumbuhkan dan melestarikan serta pengenalan Budaya kepada masyarakat  khususnya generasi muda.

"Melalui kegiatan ini kita melestarikan dan mengingatkan kepada generasi muda agar tidak terkikis zaman hingga melupakan warisan budaya Indonesia yang tidak kalah menarik dari budaya global yang dikenalkan lewat media sosial", jelas Kadis Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut  Benny dalam perhelatan Kolaborasi Budaya ini pihaknya memastikan semua budaya dari etnis yang ada di Kota Medan akan ditampilkan secara bergantian di Kawasan Cagar Budaya Kesawan.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan