
Terima Silaturahmi Redaksi Harian Waspada, Rico Waas Paparkan Program Sapa Warga Atasi Langsung Permasalahan
Wali Kota Medan Rico Tri Putra Bayu Waas mengaku merasa senang bisa bertemu langsung dengan masyarakat sekaligus mendengarkan keluhan dan masukan serta menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi ditengah masyarakat. Ini dilakukan Rico Waas setiap akhir pekan melalui program Sapa Warga di setiap Kecamatan di Kota Medan.
Hal ini disampaikan Rico Waas ketika menerima kunjungan silaturahmi jajaran Redaksi Harian Waspada, Austin Tumengkol sebagai Pemimpin Redaksi, dan Manajer Umum Hang Tuah Jasa Said di Balai Kota, Kamis (2/10/25).
Didampingi Asisten Umum Laksamana Putera Siregar dan Kadis Kominfo Arrahmaan Pane, Wali Kota Medan Rico Waas menyampaikan awalnya program mendengarkan langsung keluhan masyarakat yang digagas waktu kampanye dilakukan di Kantor Wali Kota Medan. Dimana masyarakat datang langsung ke kantor Wali Kota untuk menyampaikan keluhan dan permasalahannya.
"Namun seiring berjalannya waktu, lebih bagus saya yang langsung menemui masyarakat mendengarkan keluhan dan permasalahan sambil bergotong royong. Menariknya dari program Sapa Warga ini keluhan dan masalah yang didengarkan dapat diselesaikan hari itu juga", kata Rico Waas.
Terkait itu, Rico Waas mengharapkan dukungan Harian Waspada untuk menggaungkan program Sapa Warga. Bahkan, diharapkannya bisa turun bersama-sama sehingga bisa melihat langsung bagaimana antusiasnya masyarakat menyampaikan keluhannya.
Rico Waas pun mencontohkan, saat melakukan Sapa Warga di Jalan Masjid lingkungan I, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan beberapa waktu lalu. Di tempat itu, seorang ibu mengharapkan bantuan pengobatan anaknya yang tidak memiliki langit-langit di mulutnya (palatoskizis).
“Seandainya saya tidak turun dan bertemu langsung dengan warga, bagaimana ibu itu menyampaikan keluhannya. Alhamdulillah, anaknya langsung ditangani dan kini telah sembuh setelah kita bawa ke Rumah Sakit Khusus Bedah Accuplast untuk menjalani operasi palatoskizis,” Jelas Rico Waas.
Ditambahkan Rico Waas juga mengaku setiap harinya mendapatkan keluhan maupun pengaduan warga melalui Dirrect Message (DM). Diakuinya, ada ratusan keluhan yang diterimanya setiap hari langsung dari warga.
“Keluhan itu juga saya tindaklanjuti melalui perangkat daerah terkait. Warga pun senang, mereka kembali men-DM saya dan mengucapkan terima kasih. Sepertinya warga sangat senang bisa berinteraksi langsung dan ditindaklanjuti,” ungkap Rico Waas.
Selanjutnya Rico Waas mengucapkan terima kasih atas kehadiran redaksi Harian Waspada. Diharapkannya, salah satu koran tertua di Sumut ini dapat mendukung program pembangunan yang dijalankan tanpa melupakan fungsinya sebagai social control di tengah masyarakat.
Sebelumnya Pimred Harian Waspada Austin Tumengkol menjelaskan, selain silaturahmi, kehadirannya juga untuk memperkenalkan dirinya yang kini dipercaya sebagai pengelola baru Harian Waspada. Dikatakannya, dirinya merupakan generasi ketiga dari keluarga besar pendiri harian yang telah berdiri sejak 11 Januari 1947.
“Kami diminta untuk mempertahankan eksistensi Harian Waspada dengan menjaga kemitraan dengan semua pihak, termasuk Pemko Medan. Tantangan kami saat ini, ingin menjadikan Waspada satu baik itu media cetak, online dan televisi,” jelas Austin.
Kemudian, Austin mendukung seluruh program yang dijalankan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Diharapkannya, perlu dibangun kemitraan antara Pemko Medan dan Harian Waspada dalam upaya menggaungkan program – progam yang dijalankan kepada masyarakat. “Meski mendukung kami tetap menjalankan fungsi sebagai social control di tengah masyarakat,” pungkasnya.
Hal ini disampaikan Rico Waas ketika menerima kunjungan silaturahmi jajaran Redaksi Harian Waspada, Austin Tumengkol sebagai Pemimpin Redaksi, dan Manajer Umum Hang Tuah Jasa Said di Balai Kota, Kamis (2/10/25).
Didampingi Asisten Umum Laksamana Putera Siregar dan Kadis Kominfo Arrahmaan Pane, Wali Kota Medan Rico Waas menyampaikan awalnya program mendengarkan langsung keluhan masyarakat yang digagas waktu kampanye dilakukan di Kantor Wali Kota Medan. Dimana masyarakat datang langsung ke kantor Wali Kota untuk menyampaikan keluhan dan permasalahannya.
"Namun seiring berjalannya waktu, lebih bagus saya yang langsung menemui masyarakat mendengarkan keluhan dan permasalahan sambil bergotong royong. Menariknya dari program Sapa Warga ini keluhan dan masalah yang didengarkan dapat diselesaikan hari itu juga", kata Rico Waas.
Terkait itu, Rico Waas mengharapkan dukungan Harian Waspada untuk menggaungkan program Sapa Warga. Bahkan, diharapkannya bisa turun bersama-sama sehingga bisa melihat langsung bagaimana antusiasnya masyarakat menyampaikan keluhannya.
Rico Waas pun mencontohkan, saat melakukan Sapa Warga di Jalan Masjid lingkungan I, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan beberapa waktu lalu. Di tempat itu, seorang ibu mengharapkan bantuan pengobatan anaknya yang tidak memiliki langit-langit di mulutnya (palatoskizis).
“Seandainya saya tidak turun dan bertemu langsung dengan warga, bagaimana ibu itu menyampaikan keluhannya. Alhamdulillah, anaknya langsung ditangani dan kini telah sembuh setelah kita bawa ke Rumah Sakit Khusus Bedah Accuplast untuk menjalani operasi palatoskizis,” Jelas Rico Waas.
Ditambahkan Rico Waas juga mengaku setiap harinya mendapatkan keluhan maupun pengaduan warga melalui Dirrect Message (DM). Diakuinya, ada ratusan keluhan yang diterimanya setiap hari langsung dari warga.
“Keluhan itu juga saya tindaklanjuti melalui perangkat daerah terkait. Warga pun senang, mereka kembali men-DM saya dan mengucapkan terima kasih. Sepertinya warga sangat senang bisa berinteraksi langsung dan ditindaklanjuti,” ungkap Rico Waas.
Selanjutnya Rico Waas mengucapkan terima kasih atas kehadiran redaksi Harian Waspada. Diharapkannya, salah satu koran tertua di Sumut ini dapat mendukung program pembangunan yang dijalankan tanpa melupakan fungsinya sebagai social control di tengah masyarakat.
Sebelumnya Pimred Harian Waspada Austin Tumengkol menjelaskan, selain silaturahmi, kehadirannya juga untuk memperkenalkan dirinya yang kini dipercaya sebagai pengelola baru Harian Waspada. Dikatakannya, dirinya merupakan generasi ketiga dari keluarga besar pendiri harian yang telah berdiri sejak 11 Januari 1947.
“Kami diminta untuk mempertahankan eksistensi Harian Waspada dengan menjaga kemitraan dengan semua pihak, termasuk Pemko Medan. Tantangan kami saat ini, ingin menjadikan Waspada satu baik itu media cetak, online dan televisi,” jelas Austin.
Kemudian, Austin mendukung seluruh program yang dijalankan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Diharapkannya, perlu dibangun kemitraan antara Pemko Medan dan Harian Waspada dalam upaya menggaungkan program – progam yang dijalankan kepada masyarakat. “Meski mendukung kami tetap menjalankan fungsi sebagai social control di tengah masyarakat,” pungkasnya.
Sumber: Dinas Kominfo Kota Medan