BERITA :


Tingkatkan Keterampilan dan Profesionalitas, Aparatur Damkarmat Ikuti Diklat Dasar Kualifikasi Pemadam

Tingkatkan Keterampilan dan Profesionalitas, Aparatur Damkarmat Ikuti Diklat Dasar Kualifikasi Pemadam

Guna meningkatkan keterampilan dan profesionalitas aparaturnya, Pemko Medan melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Medan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar Kualifikasi Pemadam I. Diklat yang dibagi menjadi 2 Angkatan ini diikuti sebanyak 80 orang aparatur PHL Pranata Kebakaran.
 
Kegiatan yang diselenggarakan di dua lokasi yaitu BPSDM Provinsi Sumatera Utara dan Kantor UPT Damkarmat Wilayah I Medan Tuntungan ini dibuka oleh Plt Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial, Muhammad Sofyan, Selasa (1/10/2024). 
 
Hadir dalam pembukaan tersebut Plh. Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Greis Meirandha, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Medan, Muhammad Yunus, BPSDM Provsu diwakili Kabid sertifikasi dan kelembagaan Ahmad Sofian lubis dan ⁠BKPSDM Kota Medan diwakili Kabid PSDM, Harry Agus Perdana serta para Instruktur dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta.
 
Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan dan Sosial, Muhammad Sofyan mengapresiasi Diklat yang digelar Damkarmat Kota Medan. Diharapkan diklat Pemadam I ini dapat meningkatkan kemampuan Aparatur Damkar Kota Medan dalam melaksanakan tugas Pemadaman dan Penyelamatan Kebakaran maupun Penyelamatan non Kebakaran.
 
"Kami mengapresiasi kegiatan ini. Diharapkan ini dapat meningkatkan kemampuan Aparatur dalam melaksanakan tugas dan juga meminimalkan resiko dalam suatu kejadian kebakaran, baik resiko yang dihadapi masyarakat/korban Kebakaran dan resiko yang dihadapi oleh Petugas Damkar yang melaksanakan Tugas Pemadaman Kebakaran", jelasnya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Damkarmat Kota Medan, Muhammad Yunus, menjelaskan Diklat Dasar Kualifikasi Pemadam I ini bertujuan untuk menciptakan Aparatur Pemadam Kebakaran Kota Medan yang terlatih dan terampil serta Profesional dalam melaksanakan tugas. 
 
"Diikuti 80 PHL Pranata Kebakaran, Diklat dibagi menjadi 2 Angkatan. Untuk angkatan I Diklat berlangsung dari tanggal 30 September 2024 sampai dengan 07 Oktober 2024. Sedangkan Angkatan II dimulai tanggal 09 Oktober sampai dengan tanggal 16 Oktober 2024", sebutnya.
 
Untuk narasumber jelas Yunus, pihaknya mengundang dari Kasubdirektorat Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Pemadam Kebakaran. Sedangkan Instruktur berasal dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta sebanyak 3 (Tiga) Orang.
 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan