BERITA :


Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Komitmen Bobby Nasution, Puskesmas Tegal Sari Tetap Layani Pasien Meskipun Jam Istirahat

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Sesuai Komitmen Bobby Nasution, Puskesmas Tegal Sari Tetap Layani Pasien Meskipun Jam Istirahat

Wali Kota Medan Bobby Nasution berkomitmen dan menegaskan kepada jajarannya terutama di bidang pelayanan kesehatan agar senantiasa meningkatkan pelayanan agar masyarakat benar-benar dapat merasakan hadirnya pemerintah kota di tengah mereka. Selain itu sebagai aparatur sipil negara sudah seharusnya kita melayani masyarakat dengan baik.


Menindaklanjuti instruksi Wali Kota Medan Bobby Nasution, Puskesmas Tegal Sari terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat terutama pasien yang berobat. Kepala Puskesmas Tegal Sari drg Kartika ketila dikonfirmasi di puskesmas tegal Sari, Rabu (1/2) menjelaskan bahwa pihaknya terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sesuai dengan komitmen bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution. Puskesmas Tegal Sari melayani masyarakat mulai pukul 08:00 Wib sampai pukul 15:00 Wib.  Bahkan agar masyarakat yang datang ke puskesmas tetap mendapatkan pelayanan, di saat jam istirahat puskemas juga tetap melayani masyarakat. Artinya dari buka sampai tutup puskesmas tidak pernah berhenti melayani masyarakat yang ingin berobat.


"Puskesmas Tegal Sari tetap melayani masyarakat dari jam 08:00 pagi sampai tutup jam 15:00 sore. Meskipun di jam 12 sampai jam 13 waktu istirahat, namun kita tetap memberikan pelayanan. Artinya kami tidak memberlakukan menutup pelayanan di jam istirahat. Kami membuat jadwal isoma dimana di jam istirahat secara bergantian petugas tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, jadi tetap ada petugas yang standby di masing-masing pelayanan. Sehingga jika pasien datang di jam istirahat maka akan tetap dilayani," Jelas Kepala Puskesmas Tegal Sari.


Dijelaskan Kapus, alur pelayanan kesehatan di puskesmas Tegal Sari sama seperti puskesmas lainnya, dimana masyarakat yang ingin berobat dapat mengambil nomor antrian di Meja informasi kemudian dipanggil di loket pendaftaran dan petugas akan bertanya pasien membutuhkan pengobatan di poli bagian mana. Setelah itu pasien akan menunggu giliran  namanya di panggil untuk masuk ke poli dan mendapatkan pelayanan medis oleh dokter yang bertugas.


"Untuk pasien yang emergency dan memerlukan penanganan segera seperti  terjatuh atau kecelakaan kita akan mengarahkan pasien ke IGD. Selanjutnya petugas akan melakukan tindakan penanganannya dengan segera,"Ujarnya.


Drg Kartika menambahkan untuk pasien yang memerlukan rujukan, pihak puskesmas juga akan mengarahkan pasien ke poli untuk diperiksa terlebih dahulu oleh dokter. Hal ini sesuai dengan ketentuan BPJS dimana terdapat 155 jenis penyakit yang harus diselesaikan di puskesmas. Jika pun harus dirujuk dokter yang akan membuat rujukannya termasuk rumah sakit yang akan dituju. Artinya pasien tidak bisa memilih rumah sakit mana untuk rujukan.


"Jika akan dirujuk, maka dokter akan melihat aplikasi BPJS, rumah sakit mana yang sesuai di hari itu untuk pasien rujukan. Oleh karena itu pasien tidak bisa memilih rumah sakit mana untuk rujukan. Artinya untuk rujukan semua sudah diatur oleh BPJS, baik dokter maupun pasien tidak bisa menentukan rumah sakit mana untuk rujukan," ungkapnya.



Kemudian Kapus menjelaskan untuk tenaga kesehatan di puskesmas tegal sari ada 37 orang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, bidan dan perawat serta petugas laboratorium. Memang terdapat kekurangan petugas di beberapa tempat namun itu tidak menjadi kendala kami memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat.


Sementara itu Frisda Hasibuan salah satu warga yang tengah berobat meskipun saat itu jam istirahat mengungkapkan bahwa selama berobat disini pelayanan di puskesmas Tegal Sari sangat bagus. Disini petugas langsung melayani masyarakat yang ingin berobat. 


"Saya hari ini membawa ketiga anak berobat. Selama berobat ke puskesmas Tegal Sari saya menilai pelayanannya bagus. Kita datang langsung dilayani oleh petugas. Ini saya datang jam setengah dua belas siang langsung dilayani. Kalaupun rame kita tetap dilayani dan antri," Jelasnya.


Menurut Frisda Hasibuan, pelayanan di puskesmas tegal sari semakin baik, hal ini dilihat dari jumlah petugas yang semakin banyak. Selain itu kebersihannya juga terjaga dengan baik. 


"Kualitas obat di puskemas ini juga bagus. Pernah kemarin berobat juga anak saya diberi obat dari puskesmas dari sakit langsung mendingan," Ujarnya.



Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan