BERITA :


Tingkatkan Peran Bangun Negeri, Pramuka Medan, Pengakap Malaysia & NSOT Thailand Tanda Tangani MoU

Tingkatkan Peran Bangun Negeri, Pramuka Medan, Pengakap Malaysia & NSOT Thailand Tanda Tangani MoU

Meski berbeda penyebutan nama organisasi kepanduan ini, tapi gerakan Pramuka baik itu di Indonesia, Malaysia dan Thailand dapat menjadi sebuah perkumpulan yang melahirkan dan menciptakan kekuatan untuk sama-sama membangun negeri dan bangsa.
 
Harapan ini disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan sekaligus Wakil Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan, H. Aulia Rachman saat menerima kedatangan para pengurus Pramuka dari Malaysia dan Thailand di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman Medan, Jum'at (2/8/2024) malam.
 
Selain menjalin silaturahmi, pertemuan yang turut dihadiri Pj Sekda Kota Medan sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting ini, juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antar gerakan Pramuka dari tiga negara tersebut guna peningkatan peran Pramuka.
 
"Kami melihat, perkumpulan tiga negara ini adalah suatu kekuatan untuk membangun bangsa dan yang terpenting adalah untuk para generasi kita ke depannya," kata Aulia Rachman di hadapan pengurus Pramuka Malaysia dan Thailand, pimpinan perangkat daerah terkait di lingkungan Pemko Medan serta Camat se-Kota Medan.
 
Meski di Indonesia disebut Pramuka, Malaysia dikenal sebagai Persekutuan Pengakap dan di Thailand adalah NSOT, imbuh Aulia, gerakan Pramuka akan memiliki tantangan yang sama nantinya. Salah satunya, lanjutnya, perubahan pola kebiasaan para generasi saat ini.
 
"Tentu, kami juga berharap, Pramuka jadi wadah untuk generasi ke depan bagaimana caranya mencintai lingkungan sekitar, antar sesama, saling merangkul, lebih dekat dengan orang-orang di sekelilingnya seperti saudara, teman ataupun tetangga. Artinya, tidak ingin individualis yang tak jarang disebabkan oleh gadget," harapnya.
 
Terakhir, Aulia Rachman kembali menekankan agar gerakan Pramuka menjadi wadah penguatan sumber daya manusia agar lebih baik ke depannya di dalam segala hal. "Kebersamaan adalah sebuah pondasi yang kuat. Kita tunjukkan pada dunia, agar Asia tidak dipandang lemah," serunya.
 
Sementara itu, Pj Sekda Kota Medan sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Topan Obaja Putra Ginting mengatakan, pertemuan ini lebih dari sekedar silaturahmi, melainkan bagaimana upaya untuk lebih menggiatkan gerakan Pramuka hingga ke seluruh dunia.
 
"Gerakan Pramuka bukan hanya bicara tentang perkemahan, tali temali atau bagaimana mengenal alam. Tapi, bagaimana kita bisa mengikat diri kita dalam suatu nilai-nilai kemanusiaan, perjuangan terhadap bangsa dan negara kita, termasuk nilai patriotisme dan nasionalisme," bilang Topan Ginting.
 
Sumber : Prokopim Pemko Medan