BERITA :


Nilai Pelaksanaan Program UP2K, Tim Penilai PKK Sumut Kunjungi Kelurahan Sei Agul

Nilai Pelaksanaan Program UP2K, Tim Penilai PKK Sumut Kunjungi Kelurahan Sei Agul

Tim Penilai PKK Sumut berkunjung ke Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat, Jumat (26/5), dalam rangka penilaian Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023.
 
Kedatangan tim yang dipimpin Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis diwakili Ketua Pokja II Aspan diterima oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Sekretaris Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan Erwin Saleh dan Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution diwakili Ketua II Bidang Pendidikan dan Pendapatan Keluarga, Isabela Topan Ginting. 

 
Dalam kegiatan yang dihadiri antara lain oleh Camat Medan Barat Lilik, dan segenap lurah, pengurus dan anggota TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Medan Barat itu, Ketua TP PKK Sei Agul, T. Amelia Muhammad Aidiel Putra Pratama memaparkan berbagai program UP2K yang digalakkan melalui Gerakan Keluarga Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi).

 
Di hadapan Tim Penilaian TP PKK Sumut itu, kader-kader TP PKK Sei Agul menampilkan Yel-yel UP2K yang dirangkaikan dengan tampilan gerak dan lagu jingle Gelari Pelangi. Selain itu, dalam kegiatan itu anak-anak PAUD Melati 1 Binaan TP PKK Sei Agul unjuk kebolehan menari.

 
Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu melalui sambutan tertulis dibacakan Ketua II Bidang Pendidikan dan Pendapatan Keluarga, Isabela Topan Ginting, memaparkan berbagai upaya dalam menyukseskan program Pokja II, khususnya dalam UP2K PKK.

 
Disebutkannya, TP PKK Kota Medan membantu pengembangan usaha dan peningkatan komposisi produk makanan bagi pelaku UMKM binaan melalui kegiatan Beranda Kreatif dan pameran-pameran yang dilaksanakan oleh Pemko Medan dalam kegiatan lainnya. 

 
“Sasarannya adalah meningkatkan ekonomi masyarakat guna menumbuhkembangkan usaha ekonomi keluarga, baik secara perorangan maupun kelompok, sehingga secara bertahap mampu menjadi wirausaha, serta memungkinkan tumbuhnya kegiatan yang dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup menuju keluarga sejahtera,” ungkapnya. 

 
Selain itu, TP PKK Medan juga telah membentuk Poksus PKK sebagai pengelola UP2K di semua kelurahan yagn dikoordinir oleh Pokja TP PKK dan pengembangan modal dari Poklak juga telah digulirkan kepada kelompok lain sebagai pengembangan dan telah diadministrasikan secara benar dan baik.

 
Untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan serta keberhasilan UP2K di kelurahan se-Kota Medan, lanjutnya, dilaksanakan pula supervisi, monitoring, dan evaluasi melalui lomba pelaksanaan terbaik kelompok UP2K dalam rangka HKG PKK Tingkat Kota Medan.
 
 
“Dilakukan juga supervisi, monitoring, dan evaluasi terhadap kelompok UP2K yang sudah diseleksi pada Lomba HKG PKK Tingkat Kota Medan untuk menjadi perwakilan ke tingkat Provinsi. Lalu, menetapkan Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat sebagai pemenang pelaksana terbakik kelompok UP2K pada Peringat HKG PKK 2023 Tingkat Kota Medan,” jelasnya. 

 
Di akhir sambutannya, Kahiyang berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan Kelurahan Sei Agul mendapat yang terbaik di tingkat Sumatera Utara.
 
 
 
Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan