BERITA :


Wujudkan Medan Bersih Menuju Adipura, Ini Sederet Inovasi Yang Dilakukan Kecamatan Medan Deli

Wujudkan Medan Bersih Menuju Adipura, Ini Sederet Inovasi Yang Dilakukan Kecamatan Medan Deli

Sebagai langkah mewujudkan Medan bersih menuju Adipura, Kecamatan Medan Deli terus berpacu menghadirkan berbagai inovasi dibidang kebersihan. Tujuannya agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman bagi masyarakat.

Camat Medan Deli, Indra Utama saat ditemui, Rabu (31/7) menuturkan sejumlah inovasi di bidang kebersihan yang telah berjalan selama ini yang pertama yaitu Gomas (gotong royong masal). Dalam program ini, jajaran Kecamatan Medan Deli bersama dengan masyarakat secara rutin melakukan gotong royong bersama membersihkan lingkungan.

"Yang kami bersihkan itu terutama saluran drainase yang saling terhubung satu dengan yang lainnya guna mencegah penyumbatan yang dapat memicu terjadinya banjir," kata Indra Utama.

Inovasi selanjutnya yaitu Pulsa (Kumpul Sampah Untuk Sedekah) dan Papi Ah (Patroli Pilah Sampah), kedua inovasi ini bilang Indra Utama diciptakan untuk mengedukasi masyarakat agar mau memilah sampah dari rumah masing-masing untuk dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat.

"Sampah yang sudah terkumpul dari rumah masyarakat kami angkut dan diserahkan ke Bank Sampah yang ada di Kecamatan Medan Deli. Hasil dari penjualan sampah ke Bank Sampah tersebut kami belikan sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang telah mengumpulkan sampahnya," jelas Indra Utama seraya menambahkan ASN Kecamatan Medan Deli juga diwajibkan ikut mengumpulkan sampah dari rumah masing-masing.

Selain berbagai inovasi penanganan sampah yang melibatkan masyarakat, Indra Utama juga mengatakan petugas melati, bestari dan tipeer sebagai ujung tombak penanganan kebersihan di Kecamatan Medan Deli terus dimaksimalkan kinerjanya dalam melakukan pembersihan sampah khususnya sampah yang ada di jalan-jalan protokol. 

"Kami terus memaksimalkan pembersihan sampah di wilayah kami. Petugas kebersihan kami setiap harinya dari pagi hingga sore terus melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah. Sedangkan untuk malam harinya secara rutin kami melakukan patroli sisir sampah malam, tujuannya untuk mencegah penumpukan sampah yang dibuang masyarakat pada malam hari," kata Indra Utama.

Tidak sampai disitu, Indra Utama juga mendirikan sejumlah posko pemantauan sampah liar di sejumlah titik yang dinilai kerap menjadi tempat pembuangan sampah liar oleh masyarakat.

"Kami membuat posko agar tidak ada penumpukan sampah di satu tempat," sebut Indra Utama.

Terakhir menjelang penilaian Adipura ini Indra Utama mengajak seluruh masyarakat di Kecamatan Medan Deli untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

"Mari sama-sama kita menjaga kebersihan lingkungan rumah kita, kalau kita sama-sama menjaganya pasti lingkungan kita akan bersih, jadi jangan ditunda lagi mulai dari sekarang ayo kita jaga kebersihan," ajak Indra Utama.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan